7 tanaman paling unik asli indonesia

Posted by Unknown On Selasa, 01 Mei 2012 0 komentar
Indonesia sebagai negara kepulauan di garis khatulistiwa merupakan negara kaya hayati yang memiliki keanekaragaman yang luar biasa. Hal ini tidak terlepas dari posisi indonesia yang memiliki iklim tropis yang memungkinkan banyak sekali spesies tumbuhan muncul di bumi garuda ini.

Berikut ini 7 tanaman unik asli dari indonesia.

Kantong Semar

Kantong Semar dengan nama latin nepthenes sp merupakan tumbuhan unik pertama dari indonesia. TAnaman ini unik karena mengambil nutrisi untuk makanan sehari hari dari binatang (karnivora). Tumbuhan ini memiliki organ berbentuk kantong yang bagian bibirnya beraroma manis sehingga menarik serangga. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu.

Rafflesia

Rafflesia merupakan tanaman unik karena dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Rafflesia arnoldi salah satu spesies bunga ini mempunyai diameternya mencapai 70-110 cm dengan tinggi 50 cm dan berat 11 kg.

Uniknya lagi bunga rafflesia tidak memiliki daun, batang, maupun akar. Rafflesia merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh di dalam batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Nutrisi yang dibutuhkan diambil dari pohon inangnya tersebut.

Bunga Bangkai

Bunga bangkai yang dikenal dengan nama latin Amorphophallus Merupakan bunga yang memegang rekor sebagai bunga tertinggi di dunia. Selain itu keunikan lainnya adalah karena bunga ini mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat.

Daun sang

Daun Sang menjadi tumbuhan unik selanjutnya. Keunikan pohon daun Sang bisa dilihat dari ukuran daunnya yang sangat besar dengan panjang mencapai 6 meter dan lebar 1 meter. Yang unik lagi dari pohon dengan nama latin Johannesteijsmannia altifrons dan merupakan anggota palem (arecaceae) ini adalah daunnya yang tampak langsung menyembul dari dalam tanah. Ini karena batang Daun Sang pendek dan biasanya tersembunyi di tanah.

Edelweiss

Edelweiss termasuk tanaman yang unik, tumbuhan yang hidup di puncak-puncak gunung ini kerap dianggap sebagi bunga abadi dan perlambang keabadian cinta. Ini lantaran bunga edelweiss tidak akan layu meskipun telah dipetik dari tangkainya. Meskipun mengering, namun bentuk dan penampilannya tidak berubah.

Sarang semut

Sarang semut merupakan tumbuhan dengan simbiosis yang unik. Sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang hidup menumpang di tanaman lain (seperti hanya bunga anggrek). Namun selain bersimbiosis dengan tumbuhan inang yang ditempelinya, sarang semut juga bersimbiosis dengan hewan semut.

Ara pencekik

Ara pencekik, beringin pencekik, atau kiara koneng (Ficus annulata) menjadi unik karena tumbuhan yang semula empifit (menumpang) pada pohon lain ini, seiring pertumbuhannya, kemudian membunuh pohon yang ditumpanginya. Ara pencekik merupakan tumbuhan parasit, sejak tertempel di pohon lain ia akan menyerap nutrisi dari pohon inangnya.

Artikel terkait :

Misteri angka 13
Sejarah freemason
Hukuman unik dalam sepakbola
Katak unik yang bisa bernyanyi

0 komentar:

Posting Komentar